Senin, 02 April 2012

Prancis Kembali Gelar F1 Masih Terus Dibicarakan

PARIS - Wacana bakal kembali masuknya Prancis dalam kalender Formula One (F1) masih terus dibicarakan. Namun Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon menegaskan wacana tersebut tidak akan terealisasi dalam waktu dekat.

Baru-baru ini, Prancis dikabarkan bakal kembali menggelar seri F1 mulai musim 2013. Prancis menunjuk sirkuit Le Castellet. Sebelumnya, Prancis Terakhir kali menggelar ajang balap jet darat adalah pada 2008 silam di sirkuit Magny-Cours.

Sejauh ini, pihak pemerintah Prancis yang diwakili Fillon mendukung penuh rencana tersebut. “Kami terus mengupayakan untuk menggelar Grand Prix di Castellet,”  tutur Fillon dikutip Autosport, Minggu (1/4/2012).

Namun, hingga kini Fillon menyatakan belum ada kesepakatan dengan pihak F1 yakni sang bos, Bernie Ecclestone belum didapat lantaran masih ada perbedaan terkait fee. Kabarnya, kedua kubu masih dipisahkan jarak 2 juta euro dalam negosiasinya. Pihak FOM dikabarkan mematok banderol 20 juta euro.

“Pihak penyelenggara (Formule One Management) memang telah setuju, namun mereka tidak menjelaskan terkait Negara mana yang akan menjadi alternative selain Prancis,” sambung Fillon menyikapi spekulasi yang menyebut Prancis akan bergantian menggelar F1 dengan Belgia.

“Pemerintah akan memberikan dukungan, sebab kami memang harus melakukan itu.  Namun, untuk ke depannya kami tidak akan memberikan bantuan lagi,” pungkasnya.

Dengan belum tercapainya kesepakatan, Fillon menyatakan bahwa jadwal F1GP di Prancis masih belum bisa ditentukan. Bahkan Fillon menyatakan bahwa balapan di Castellet belum akan terlaksana hingga 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.