Rabu, 23 Februari 2011

Pertemuan dan Perpisahan



Perlu kalian ketahui kalo cerita yang satu ini adalah cerita yang terjadi berdasarkan kisah nyata. Ini cerita tentang temen gw yang bernama ya...sebut saja Rian, dia temen main rumah gw dari kecil, bisa dibilang ya dari TK karena dari situ awal perkenalan kita. Dari situ kita jadi sering main bersama waktu istirahat ataupun setelah pulang sekolah, masih ingat jelas dipikiran gw kalo dulu suka main lari - larian ga jelas kayak satpol PP ngejar waria waktu razia bedanya disini ga ada yang berperan sebagai satpol PP atau waria. Dari main lari - larian itu sering banget yang namanya jatuh dan berdarah, entah itu di kaki, lengan atau bagian tubuh lainnya, setelah itu ya bisa kalian tebak ujung - ujungnya pasti nangis.

Jarak dari rumah gw ke rumah Rian cukup dekat, jalan kaki 5 menit juga nyampe. Kalo udah disana pasti betah ga mau pulang, ngapain lagi kalo bukan main karena dia punya koleksi mainan yang banyak dan bagus, ga kayak gw yang dapet mainan bekas dari kakak - kakak gw. Cape main langsung makan di rumahnya, ibunya selalu siapin makanan atau cemilan kalo gw main kesana, yang ada gw malahan makin betah kalo disana. Kalo udah mulai gelap menjelang malem pasti di anter pulang sama ibunya, katanya takut kenapa - kenapa sama gw, masa ada sih orang yang mau culik bocah dekil dan ingusan? Ya ga apa - apalah namanya juga orang berbuat baik, setelah nyampe rumah gw cuma bilang "Makasih" udah deh masuk rumah ga keluar - keluar lagi.

Dari hari ke hari gw makin akrab aja sama dia, sering main, ngobrol walaupun tema obrolan cuma sebatas cerita kartun atau khayalan bocah ingusan. Tamat dari TK pastinya masuk SD dong, nah di SD gw bareng lagi sama dia cuma ga sebangku, dia di depan gw di belakang. Yang awalnya doyan main pelan - pelan jadi belajar bareng sama dia, belajarnya juga sebatas ngerjain PR, iyalah masih kelas 1 SD. Kebersamaan itu cuma bertahan selama sekitar 5 tahun, setelah pembagian rapor kenaikan kelas 4 ke 5 dia pindah ke Bekasi, katanya sih harus ikut orang tua yang kerjanya nomaden alias pindah - pindah. Ya udah dia pergi dan gw ditinggal, ga mungkin dong gw ngikut emang gw anggota keluarganya?
Awal kelas 5 gw punya temen deket lagi namanya Hesti, (sekarang ga tau dah dimana keberadaan dia, nasibnya sama kayak Rian, harus ngikut orang tuanya pindah dinas kerja sampe sekarangpun ga ada kabarnya) kalo gw liat dia sih anaknya manis, pinter, enak diajak ngobrol, makanya gw cepet deket sama dia tapi ga berlanjut merajut cinta lho, anak SD ngerti apa yang gitu - gituan. 2 semester udah jalan berarti naik kelas ke kelas 6, seperti yang gw bilang tadi Hesti pergi pindah sekolah yang gw ga tau dimana lokasinya.

Acara perpisahan kecil - kecilan sengaja dibuat untuk Hesti, ya biar ada kenangannya dikitlah sama SD yang dulu sebelum pindah. Disaat itu datanglah Rian, 1 tahun ga ketemu perubahan yang paling mencolok dia makin gemuk, dulunya kurus banget. Ya udah disitu lagsung gw ajak ke kantin buat makan - makan. Setalah makan, orang tuanya langsung jemput dia untuk pulang. Acara udah selesai semua orang udah pulang, Hesti dan Rian udah pergi jauh sama orang tuanya.

2 tahun ga ada kabar tentang Rian dan gw udah kelas 1 SMP waktu itu, kalo gw lewat rumahnya yang dulu masih ada sih Bibinya tapi gw ga tau namanya siapa. Iseng - iseng gw nanya sama dia
    "Bi, sekarang Rian gimana kabarnya?"
    Dia jawab "Ada di Bekasi sama orang tuanya tapi Rian udah ga sekolah lagi, dia sakit"
    "Sakit apa Rian?" Tanya gw
    "Dia lumpuh, dia jatuh waktu main bola sama temen sekolahnya, awalnya sih ga apa - apa orang tuanya mikir dia cuma keseleo biasa ya udah dibawa ke     tukang urut eh ga taunya begitu" jawab si Bibi
Denger jawaban gitu gw kaget, gila ya temen gw dari kecil sekarang udah ga bisa jalan lagi, yang dulunya sering main lari - larian ga jelas sekarang...lumpuh.
2 minggu setelah ngobrol sama Bibinya gw ketemu lagi sama dia, dia cuma bilang kalo Rian ada di rumah yang dulu. Ya udah gw sempetin mampir biar cuma sebentar. Bener aja, disitu ada Rian lagi tiduran, badannya kurus, rambut gondrong berantakan, gimana si penampilan orang yang lagi sakit apalagi sakitnya parah gini.

Sore setelah pulang sekolah gw ada di rumah Rian, niatnya mau ngobrol karena udah lama ga ketemu tapi dia lagi tidur gw ga enak ganggu dia. Pas mau pergi dia bangun dan manggil nama gw, gw nengok dan liat Rian kebangun. Dalem hati gw begini "waduh, dia bangun lagi, marah ga ya?" Gw liat dia masih rada ngantuk gitu, matanya aja belum melek dengan sempurna. setelah itu dia langsung bilang "Wah ada lu, apa kabar nih?" dengan singkat gw cuma jawab "iya". Gw mau ngomong apa coba ke dia, liat kondisinya aja gw udah hampir nangis, ga tega gw ngajak ngobrol lama - lama. Makan aja susah apalagi urusan "pribadi" yang sekarang harus dibantu orang terdekatnya. Waktu itu sengaja gw ga lama - lama disana, diluar juga udah mulai gelap dan gwnya juga udah ganggu Rian istirahat. Ya udah gw langsung pamitan sama orang tuanya dan yang pasti sama Rian, gw cuma bilang "cepet sembuh biar bisa main lagi" dia cuma bales dengan senyuman. Gw pulang dan pelan - pelan menjauh dari rumahnya Rian...

sehari, dua hari, tiga hari sampe akhirnya 7 hari atau seminggu sejak pertemuan terakhir gw sama dia gw dapet kabar kalo Rian meninggal, nah lho gw kira bohongan karena yang ngasih kabar ke gw juga ga serius ngomongnya. Langsung aja gw ke rumah Rian setelah pulang sekolah, suasana di depan rumahnya rame, banyak orang yang berpakaian serba hitam, liat itu gw merinding "ada apa nih?" tanya gw.
Bendera kuning ada di depan rumahnya, waktu itu gw masih belum percaya gw liat tulisan yang ada di balik bendera kuning itu, gw liat dan gw baca RIAN. Langsung gw deg degan dan ga bisa ngomong apa - apa. wah gila, temen main gw waktu kecil udah ga ada. Gw masuk ke rumahnya ada Rian terbaring kaku di tempat tidur yang biasa dia tidurin, disitu ga langsung nangis liat temen gw terbaring kaku ga bernyawa. ternyata seminggu yang lalu itu pertemuan terakhir gw sama dia.
Gw liat jenazahnya senyum, seakan - akan dia udah ikhlas dengan semua apa yang udah ditakdirin buat dia, terbebas dari penyakit yang ada ditubuhnya, bebas dari semua penderitaan hidupnya. keluarga dan temen juga ga percaya kalo dia pergi di umur yang masih sangat sangat muda, 12 tahun! bayangin aja, umur segitu udah mulai masuk masa remaja, masa puber tapi dia? gw sempet ngerasain itu, yang ada dia malah ngerasain sakit dan ga bisa bangun dari tempat tidurnya sampe akhirnya dipanggil Yang Maha Kuasa. gw bersyukur bisa ketemu dan ngobrol walau sebentar sama dia. kata ibunya gw temen yang terakhir ketemu dan ngobrol sama dia, disitu gw makin sedih aja, ga nyangka dia udah ga ada.
Waktu pemakaman gw ikut nganter dia ke tempat peristirahatan terakhirnya, disitu gw diem kayak batu, ga bisa ngapa - ngapain kecuali nangis liat temen gw pelan pelan dimasukkin ke liang lahat.

Perlahan tapi pasti jasadnya masuk ke liang lahat dibarengi ucapan doa yang mengiringinya ke surga. Liang lahat udah ditutup gw ga bisa liat jasadnya lagi, yang jelas ada batu nisan yang terukir dengan nama RIAN. kenangan tinggal kenangan ga bisa terulang lagi, semua yang terjadi berkesan banget buat gw dan dia.
sampe sekarang ini adalah tahun ke 7 sepeninggal dia.

Selamat Jalan Teman semoga tenang di alam sana
Much Love and Respect

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.