Hirarki adalah penataan status sosial dan peran dalam suatu organisasi atau masyarakat peringkat menurut diferensiasi kekuasaan, wewenang, kekayaan, pendapatan, dll
Hierarki memiliki kosakata khusus mereka sendiri. ini paling mudah untuk memahami ketika sebuah hirarki yang digambarkan
Obyek : satu kesatuan (misalnya, orang, departemen atau konsep ) atau elemen dari pengaturan atau anggota dari sebuah himpunan
Sistem : seluruh himpunan objek yang sedang disusun hirarki (misalnya, suatu administrasi)
Dimensi : kata lain untuk "sistem" dari-line analitis pengolahan (misalnya batu)
Rank : relatif nilai , nilai, kompleksitas , kekuasaan , kepentingan , otoritas , tingkat dll sebuah obyek
Bawahan : tingkat yang lebih rendah atau benda peringkat di tingkat yang lebih rendah (Anak atau keturunan)
Interaksi : hubungan antara suatu objek dan yang atasan langsung atau bawahan (yaitu lebih rendah / pasangan superior)
Kebanyakan
hirarki menggunakan kosa kata yang lebih spesifik yang berkaitan dengan
subjek mereka, tapi ide di belakang mereka adalah sama. Misalnya, dengan struktur data , objek yang dikenal sebagai node , atasan disebut orang tua dan bawahan disebut anak-anak .dalam situasi bisnis , atasan adalah supervisor dan rekan adalah rekan.
Hirarki dapat dikategorikan berdasarkan "derajat maksimum", sekarang gelar tertinggi dalam sistem secara keseluruhan. Kategorisasi dengan cara ini menghasilkan dua kelas yang luas: linear dan bercabang.
Dalam hirarki linier,
tingkat maksimum adalah 1. Dengan kata lain, semua objek dapat dilihat
di lineup, dan setiap obyek (termasuk yang atas dan bawah) memiliki
tepat satu bawahan langsung dan satu atasan langsung.
Dalam hirarki bercabang, satu atau lebih objek memiliki tingkat 2 atau lebih (sehingga derajat dan maksimum adalah 2 atau lebih tinggi)
Sebuah hirarki datar adalah sebuah hirarki percabangan di mana tingkat maksimum pendekatan tak terbatas, yaitu, dengan rentang yang lebar
Sebuah hirarki tumpang tindih adalah hirarki percabangan di mana setidaknya satu objek memiliki dua obyek orangtua.
TINGKATAN MANAJER
Ada
tiga tingakatan jabatan manajer pada suatu perusahaan ,
tingkatan-tingkatan ini yang membedakan pembagian tugas dan tanggung
jawab seorang manajer , perhatikan gambar dan penjelasan berikut :
1. Top
Manager biasanya manager pada tingkatan ini adalah CEO , GM , Direktur
Utama dsb, Tugasnya mengepalai semua yang bekerja untuk perusahaan
termasuk middle manager , dan lower manager.Peran Seorang Top manager
mempengaruhi semua kinerja perusahaan jadi bisa kita nilai bahwa sebuah
perusahaan yang sukses berkat orang-orang yang berada di tingkatan Top
Manager ini begitu sebaliknya dan tanggung jawabnyapun begitu besar
terhadap perusahaan jadi tidak bisa kita pungkiri kenapa orang yang ada
di bagian Top manager ini biasanya menerima salary terbesar di banding
siapapun yang bekerja di suatu perusahaan.
2. Middle
Manager sesuai dengan namanya middle yang berarti tengah, orang-orang
yang menempati tingkatan ini biasanya di posisi Manajer Pemasaran,
Manajer Keuangan , Manajer SDM dsb di suatu perusahaan. Middle manager
adalah manajer yang terkonsentrasi penuh pada suatu bagian saja. Selain
mengepalai suatu bagian middle manager ini biasanya juga bertugas untuk
penghubung antara Top Manager dengan Lower Manager.
3. Lower
manager adalah manajer tingkatan terendah di suatu perusahaan biasanya
orang-orang yang menempati posisi ini adalah mereka yang mempunyai
jabatan Mandor, Supervisor dsb di suatu perusahaan. Tugas Lower manager
sangat sulit selain mereka harus bisa mengatur para staffnya mereka
juga harus mempunyai keahlian di bidangnya agar bisa mengajari
bawahannya dengan baik dan benar.
Sumber: google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.